Virus Trojan


Virus Trojan

Trojan merupakan sebauh software seperti virs yang  sangat merugikan.terdapat 2 jenis trojan yaitu perusak dan pengendali.pada komputer yang telah terinfeksi virus trojan,maka ketika kita berasa dalam jaringan atau terhubung dengan internet,sipembuat trojan tersebut mampu mengendalaikan,mengubah hingga merusak komputer kita.

Cara penyelusupanya dengan melakukan penyamaran sebagai file lain yang umumnya tidak dianggap berbahaya,seperti menggunakan file Ms.word,folder dan disertai nama yang menarik agar kita menjadi tertarik lalu mengekliknya,oleh sebab itu secara otomatis trojan tersebut bekerja secara rapi dengan tujuan menginfeksi komputer kita .maka dari itu kita harus waspada pada file file yang mencurigakan yang tiba tiba muncul pada komputer kita.
Trojan yang terkenal  diantaranya yaitu,back orifice,subseven,netbus.trojan trojan tersebut mengendalikan komputer yang terinfeksi dari jarak jauh,selain itu mereka juga dapat merekam ketukan keyboard dam mengambil tampilan yang ada pada layar.
Bagaimana sih cara mencegahnya???
Untuk melakukan pencegahan pada trojan,yag perlu anda lakukan dlah sebagai berikut:
  1. ·        
    Selalu mewaspadai semua file yang masuk pada komputer anda. Scan file file khusus yang berasal dai internet yang akan dimasukan pada komputer andadengan mengunakan software anti virus yang terupdate.
  2. Lakukan pemeriksaan registry secara rutin.apbila komputer anda telah terinfeksi trojan,yang perlu kita periksa adalah kita masuk kemenu registriy pada bagian key HKEY_CURRENT_USER\software\microsoft\windows\current version\run.jika ada yang sekiranya mencurigakan hapus saja dengan menggunakan tombol DEL pada keyboard.
  3.    Aturlah atribut file Winsock.dll yang terletak pada direktori  C:\WINDOWS\SYSTEM  32 menjadi read only.hal ini bertujuan untuk mencegah adanya perubahan pada file tersebut,anda dapat mengubah stribut file tersebut dengan cara klik kanan pada file tersebut,kemudian pilih properties,detelah muncul jendela winsock.dll properties,Klik read only pada kolom 
    atributes.
  4. Apabila anda menemukan kejanggalan pada suatu fle,catatlah ukuran dan tanggal saat anda pertama kali melihatnya.
  5. Rajin rajinlah membuat restore point karena terkadang dengan cara ini kita dapat lepas dari permasalahan tersebut,walaupun ada bebrapa virus trojan yang tidak dapat dihilangkan dengan menggunakan restore point.
  6. Dan terakhir jangan lupa embuat backup dan sitem registry dan file file sistem anda yang lainya.
·      
          Semoga bermanfaat,,,amiin,,,,

1 comments:

wisnu pradita said...

like this..............

Post a Comment

Recent Post